Begini Cara Menghemat Biaya Liburan

 

Bagi kita yang tidak bisa mengatur keuangan mungkin sulit mencari cara menghemat biaya liburan. Meskipun menyenangkan, faktanya liburan acapkali menguras rekening tabungan kita. Liburan bisa jadi membuat kita lebih kaya pengalaman dan kenangan, namun tidak demikian dengan kantong kita. Hanya saja orang lebih suka menyeimbangkan budget yang dikeluarkan dengan momen dan pengalaman selama liburan, sehingga tak banyak keluhan meski harus mengeluarkan biaya besar.

 

Sebenarnya ada banyak cara menghemat biaya liburan yang biasa kita pelajari sebelum liburan dimulai. Intinya perencanaan biaya sangat penting dilakukan agar pengeluaran lebih terkontrol. Nah, tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda menghemat biaya selama liburan.

 

Bandingkan Tarif Penerbangan

Sebelum memutuskan maskapai penerbangan mana yang akan dipilih, sebaiknya Anda menandai situs-situs maskapai penerbangan yang menawarkan promo perjalanan murah. Berikutnya bandingkan dan pastikan Anda memilih yang benar-benar paling murah. Berangkatlah sesuai anggaran penerbangan murah yang ditawarkan. Meskipun mungkin kurang nyaman jangan gengsi memilih kelas ekonomi. Ingat, kelas ekomomi maupun kelas bisnis akan membawa Anda ke tujuan yang sama dan tiba di waktu yang sama pula.

 

Pilih Waktu Berlibur Bukan Saat Musim Liburan

Memilih waktu berlibur saat bukan musim liburan merupakan cara menghemat biaya liburan paling relevan. Saat-saat seperti itu biasanya harga tiket pesawat maupun akomodasi jauh lebih murah dibanding waktu peak season. Tapi ingat, tidak semua daerah atau negara tujuan wisata memberlakukan hal tersebut. Jadi Anda harus memastikan tempat tujuan liburan. Satu lagi, berlibur dengan teman atau pasangan sangat membantu menghemat biaya, tentunya lewat pengeluaran kolektif.

 

Pesan Hotel Melalui Layanan Pemesanan Daring

Solusi paling efektif memangkas biaya akomodasi dengan cara memesan penginapan atau hotel melalui layanan pemesanan daring. Jika Anda teliti banyak hotel, homestay, atau villa yang menawarkan potongan harga jika jauh-jauh hari Anda melakukan pemesanan via internet. Tapi simak juga ulasan dari pelancong yang pernah menginap di hotel yang Anda pilih. Dengan demikian Anda bisa memastikan layanan yang diberikan terkait kenyamanan, kebersihan kamar, penjemputan di bandara dan sebagainya.

 

Membaur dengan Masyarakat Lokal

Berkenalan dan membaur dengan masyarakat lokal bisa jadi salah satu cara menghemat biaya liburan. Besar kemungkinan Anda bisa mendapatkan penginapan gratis jika memiliki kenalan yang tinggal di destinasi wisata. Untuk mendapatkan kenalan Anda bisa memanfaatkan situs komunitas traveler. Tidak hanya masalah akomodasi gratis namun Anda juga akan mendapat pengalaman seru ketika mengunjungi tempat istimewa yang hanya diketahui oleh masyarakat setempat.

 

Nah, demikian beberapa cara menghemat biaya liburan. Jadi kesimpulannya Anda disarankan membuat riset sebelum mengunjungi destinasi wisata tertentu. Disini yang dimaksud mencakup riset tentang keunggulan dan kekurangan obyek wisata tujuan, harga tiket pesawat, harga tiket masuk obyek wisata, biaya transportasi lokal, biaya akomodasi dan biaya restoran. Selamat Berlibur.