Candi Brorobudur, Wisata Etnik Kebanggaan Indonesia

 

Mengunjungi candi-candi yang ada di Indonesia akan kurang rasanya bila tidak mengunjungi candi yang satu ini. Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menghadirkan kesan berbeda ketika didatangi. Selain karena candi ini digolongkan sebagai warisan dunia oleh Unesco, candi ini sempat masuk dalam jajaran tujuh keajaiban dunia.

 

Sejarah candi borobudur lengkap

Kepopulerannya di dunia tidak diragukan lagi karena setiap tahun pengunjung yang mengunjungi candi ini semakin bertambah. Apa lagi disertai minat traveling orang-orang di dunia yang kian hari kian meningkat. Sejarah Candi Borobudur lengkap bisa didapatkan dari berbagai sumber. Bila mengunjungi langsung, ada banyak buku sejarah candi ini yang dijual oleh para pedagang.

Menurut data, Candi Brobudur dibangun oleh sekelompok orang pada Dinasti Syaleindra yang dipimpin oleh Raja Samaratungga. Candi ini menjadi pusat agama Buddha ketika penduduk Indonesia masih banyak yang menganut agama tersebut dan sebelum agama Islam masuk ke Indonesia. Selain menghadirkan pemandangan yang unik sekaligus menarik,  candi ini juga menghadirkan edukasi budaya, seni, serta religi.

Terbukti dari ukiran relief yang terdapat pada setiap dinding candi yang berjumlah sepuluh tingkatan. Ukiran-ukiran tersebut menceritakan kehidupan Buddha dan bagaimana sisi baik juga buruk manusia. Semakin tinggi tingkatan candi, ceritanya pun semakin membaik yaitu bagaimana manusia melawan hawa nafsu dan menuju ke tempat Dewa. Sebaliknya, semakin turun tingkatan, semakin menggambarkan bagaimana manusia memiliki sifat jahat dan tidak bisa melawan hawa nafsu.

 

Cerita candi borobudur peninggalan nabi sulaiman

 

Menurut peneliti, masih ada satu tingkatan terbawah yang kini berada di bawah tanah. Pihak candi sengaja menguburnya karena dianggap tidak layak untuk diperlihatkan. Sebab dalam tingkatan terbawah menunjukan sifat terburuk manusia seperti membunuh dan melakukan kegiatan keji seperti memperkosa. Sebagaiman catatan yang ada, Candi Brobudur dibangun pada abad ke 9. Namun ada fakta baru yang menyebutkan bahwa Candi Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman dan hal tersebut tertulis dalam buku milik Fahmi Basya.

 

Nah , tertarik bukan dengan wisata indonesia ? ayo tunggu apa lagi , rencanakan liburan mu ke sini dan buat kalian yang ingin mencari tiket pesawat , bisa beli di airpaz.com. Beberapa kali beli disana , harga tiketnya murah dibanding yang lainnya. Semoga bisa membantu anda mengisi liburan.