Daftar Maskapai Penerbangan LCC di Indonesia

 

Maskapai penerbangan LCC di Indonesia – Mencermati kondisi dunia penerbangan di Indonesia, persaingan industri yang satu ini berjalan sangat ketat. Tak heran jika sejumlah maskapai penerbangan menerapkan konsep Low Cost Carrier (LCC) atau pesawat berbiaya rendah untuk menarik minat calon penumpang. Intinya dengan penerbangan LCC penumpang tidak perlu pusing dengan harga tiket mahal untuk penerbangan lokal maupun lintas negara.

Jika Anda calon penumpang yang ingin mendapatkan informasi terkait maskapai bertarif rendah, berikut beberapa maskapai penerbangan LLC di Indonesia yang bisa Anda pilih.

 

Citilink

Sebagai anak perusahaan dari maskapai penerbangan milik pemerintah yaitu Garuda Indonesia, Citilink tampil percaya diri di segmen penerbangan LCC. Hal ini menunjukkan bahwa Garuda Indonesia ingin melebarkan sayap dengan menyasar segmen penerbangan berbiaya murah melalui Citilink, setelah sebelumnya sukses menguasai segmen full service di Indonesia.

Tentu saja kehadiran Citilink yang bermain di segmen penerbangan murah disambut antusias oleh seluruh lapisan masyarakat. Dengan pamor mentereng induk perusahaan Garuda Indonesia Airlines yang melekat kuat di Citilink, maskapai penerbangan berusia muda ini sering menjadi pilihan utama masyarakat. Tak ayal kehadiran Citilink menambah ketat persaingan pasar penerbangan Low Cost Carrier di Indonesia.

 

Lion Air

Lion Air adalah maskapai penerbangan LCC di Indonesia yang memiliki sejarah panjang di dunia penerbangan Indonesia. Minimal salah satu maskapai penerbangan milik swasta ini sudah berpengalaman mengarungi ketatnya persaingan industri penerbangan tanah air. Tercatat Lion Air mulai menyasar segmen LCC sejak tahun 2000 lalu sekaligus menjadi tahun berdirinya perusahaan maskapai penerbangan tersebut.

Meskipun sempat tersandung beberapa masalah (seperti penelantaran penumpang di sejumlah bandara beberapa waktu lalu), namun Lion Air tetap sukses menancapkan tajinya sebagai maskapai penerbangan Low Cost Carrier paling disegani di Indonesia. Artinya tidak ada pengaruh signifikan (terutama dalam hal raihan penumpang) terkait kasus tersebut. Justru nama Lion Air terus berkibar dan menjadi maskapai paling berjasa dalam memobilisasi masyarakat melalui konsep penerbangan murah yang diusungnya. Meski banyak rival, toh Lion Air tetap menjadi pilihan utama kalangan masyarakat yang membutuhkan pesawat bertarif murah.

 

Malindo Air

Bisa dibilang Malindo Air merupakan wajah baru di jajaran maskapai penerbangan LCC di Indonesia. Meskipun boleh dikatakan new comer namun kehadiran maskapai penerbangan baru ini patut diperhitungkan oleh maskapai di jalur LCC yang terlebih dulu eksis. Karena termasuk maskapai termuda, harga tiket yang ditawarkan Malindo Air cukup bersaing, bahkan bisa dikatakan paling murah dibanding maskapai penerbangan LCC lainnya. Selain di website resminya, pemesanan tiket bisa dilakukan dengan mudah melalui sejumlah online travel agent.

 

 

Meski menyandang status pemain baru diantara maskapai penerbangan LCC di Indonesia lainnya, Malindo Air tak butuh waktu lama menarik simpati masyarakat. Maskapai yang merupakan hasil kerjasama antara Lion Air dan National Aerospace and Defence Industries (NADI) ini banyak dipilih masyarakat terutama untuk rute penerbangan Asia Selatan.